PENGUATAN MODAL SOSIAL DALAM PENGEMBANGAN AGROWISATA KAMPUNG COKLAT SENARA KABUPATEN LOMBOK UTARA

Authors

  • I Wayan Suadnya Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Mataram
  • Agus Purbathin Hadi Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Mataram
  • Eka Putri Paramita Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Mataram

Keywords:

modal social, agrowisata, kampung coklat Lombok

Abstract

Pemerintah Kabupaten Lombok Utara telah menetapkan dan mengembangkan destinasi agrowisata Kampung Coklat Senara. Sampai saat ini destinasi agrowisata Kampung Coklat Senara telah beroperasi dan mendapat dukungan pelatihan, sarana dan prasarana dari pemerintah Kabupaten, propinsi dan kementerian pariwisata. Namun kunjungan wisatawan dan pemasaran hasil produksi coklat belum maksimal. Upaya untuk membangun kemitraan belum terwujud dan kepercayaan calon mitra masih kurang. Mencermati kondisi tersebut tim pengabdian prodi komunikasi menawarkan solusi pengenalan dan pemanfaatan modal social untuk meningkatkan usaha agrowisata Kampung Coklat. Pengabdian dilaksanakan dengan pendekatan andragogy dan action learning. Kegiatan pengabdian diikuti oleh 19 peserta anggota kelompok Kampung Coklat. Peserta baru menyadari bahwa mereka sesungguhnya punya modal social yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kegiatan usaha agrowisata Kampung Coklat. Mereka akan meningkatkan kemampuan menjalin jaringan, kepercayaan, organisasi dan kelembagaan kelompok Kampung Coklat. Dengan demikian kunjungan wisatawan dan penjualan produk coklat bisa meningkat

Downloads

Published

2024-12-15

How to Cite

Suadnya, I. W., Hadi, A. P., & Paramita , E. P. (2024). PENGUATAN MODAL SOSIAL DALAM PENGEMBANGAN AGROWISATA KAMPUNG COKLAT SENARA KABUPATEN LOMBOK UTARA. Prosiding PEPADU, 6(1), 17–24. Retrieved from https://proceeding.unram.ac.id/index.php/pepadu/article/view/3182