PEMBIMBINGAN PENYELESAIAN SOAL-SOAL BERTIPE HOTS BAGI SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DAN FISIKA DI SMAN 1 SIKUR LOMBOK TIMUR

Authors

  • Marzuki Marzuki Fakultas MIPA, Universitas Mataram, Mataram
  • I Wayan Sudiarta Fakultas MIPA, Universitas Mataram, Mataram
  • I Gusti Ngurah Yudi Handayana Fakultas MIPA, Universitas Mataram, Mataram

Keywords:

Pembimbingan, Pembelajaran HOTS, Matematika dan Fisika

Abstract

HOTS (Higher Thinking Order Skill ) atau yang sering disebut sebagai kemampuan, keterampilan, atau konsep berpikir tingkat tinggi merupakan suatu konsep reformasi pendidikan berdasarkan pada taksonomi bloom. HOTS dapat dikaitkan dengan kemampuan seseorang dalam memahami, mengolah, dan merepresentasikan suatu informasi, bernalar, bukan hanya sekedar mengingat. Hal ini berpengaruh terhadap pengembangan keterampilan seseorang dalam berpikir kritis dan kreatif dalam memecahkan suatu permasalahan. HOTS dalam pembelajaran bukanlah berperan sebagai sebuah metode pembelajaran, akan tetapi HOTS di sini dimaksudkan pembelajaran yang mampu menciptakan peserta didik untuk berpikir tingkat tinggi seperti kemampuan memahai, menganalisis, mengevaluasi, menciptakan, mengidentifikasi suatu pelajaran atau soal-soal dalam pembelajaran. Pengabdian ini bertujuan untuk membiasakan siswa menyelesaikan persoalan-persoalan pada level yang lebih tinggi agar kelak dapat menyelesaikan permasalahan hidup sehari-hari. Metode pelaksanaan pengabdian terdiri atas (1) memberikan pendalaman konsep-konsep dasar dan strategis kepada siswa baik pada pelajaran Matematika maupun Fisika, dan (2) Mendampingi siswa menyelesaikan beragam soal bertipe HOTS secara sungguh-sungguh pada bagian mana mereka mengalami kesulitan sampai pada akhirnya dapat memahami dengan baik solusi yang diperoleh. Hasil yang diperoleh adalah bahwa: (1) siswa dapat memahami dengan baik konsep-konsep dasar matematika maupun fisika yang diberikan karena tersaji secara sistematis, logis, serta dengan bahasa yang sederhana, dan (2) secara umum siswa masih mengalami cukup banyak kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal bertipe HOTS dikarenakan dibutuhkan sejumlah pengetahuan konsep matematika maupun fisika yang cukup memadai. Diperlukan suatu proses latihan yang kontinu untuk membiasakan siswa menyelesaikan soal tipe ini. Untuk itulah kepala sekolah berharap kegiatan semacam ini memiliki keberlanjutan di masa yang akan datang.

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

Marzuki, M., Sudiarta, I. W. ., & Handayana, I. G. N. Y. . (2022). PEMBIMBINGAN PENYELESAIAN SOAL-SOAL BERTIPE HOTS BAGI SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DAN FISIKA DI SMAN 1 SIKUR LOMBOK TIMUR. Prosiding PEPADU, 4(1), 94–102. Retrieved from https://proceeding.unram.ac.id/index.php/pepadu/article/view/162